Ceritanya Sef

Maret 16, 2008

Disleksia…

Filed under: Uncategorized — sef @ 11:23 pm

Disleksia adalah suatu kondisi keterbatasan yang dimiliki seseorang dalam menulis, mengucapkan kata maupun dalam menyusun sebuah kalimat. Kata disleksia diambil dari bahasa Yunani, dys yang berarti “sulit dalam” dan lex berasal dari legein, yang artinya “berbicara”.

Ketika mencari informasi mengenai disleksia di Wikipedia, aku tidak kunjung mendapatkan data yang diharapkan. Usut punya usut, ternyata aku salah memasukan kata kunci disleksia yang kutulis menjadi dialeksia. Beberapa kali aku juga sering salah dalam menyebutkan kata, seperti ubunuku ku sebut ubuntu trus naruto ku katakan jadi maruko walaupun sebagian kesalahan tersebut sebenarnya ku sengaja, buat lucu-lucuan.

Bisa jadi aku mengidap disleksia, ah biarin ajalah, toh disleksia bukan penyakit bodoh. Buktinya banyak orang keren yang juga mengidap dialeksia, contohnya: Albert Einstein, Tom Cruise, Orlando Bloom, Whoopi Goldberg dan huhhh… George W. Bush.

Membahas disleksia, aku jadi teringat Bulek (tante)ku. Aku pikir dia murni menganut azaz dialeksia. Banyak sekali kesalahan kata yang dia ucapkan apalagi yang berbau bahasa Inggris. Misalnya saat Bulekku kesulitan mengucapkan kata sewaktu ingin membeli produk minuman di toko sebelah rumahnya.

“Bu, beli saripet !” kata Bulekku sesampainya di toko tersebut.
“Jamu sari rapet ya?” tanya si penjaga toko.

sari-rapet.jpeg

“Bukan, bukan jamu tapi minuman dingin” Bolekku menjelaskan.
“Nutri sari? wah sudah habis, Bu !” kata penjaga toko lagi.

nutri-sari.jpeg
“Bukan, itu tuh, tuh yang ada di pulkas” jelas Bulekku sambil menunjuk sebuah minuman kaleng dengan kemasan berwarna biru.
“hmm .., yang ini namanya Pocari Sweat” penjaga toko menerangkan.
pocari.jpeg

“Oh iya, maksud saya Pokariset” jawab bulekku memperbaiki ucapannya.

14 Komentar »

  1. Ada 4 disleksia pada posting di atas :
    1. Ubunuku –> itu ngomongnya kebalik…
    2. Dialeksia –> baru aja ngomong kalo salah ketik dialeksia waktu nyari di google,eh diulangi salah ketiknya, dua kali pula…cepek deh…
    3. Pulkas –> makanan apa pula ini?

    Komentar oleh Adis — Maret 17, 2008 @ 12:46 am | Balas

  2. Sef, pesnyakit disleksia itu biasany diderita oleh orang pinter. Cerdas kebanyakan penderitanya. Disleksia itu penyakit susah menyusun kalimat. Kata-kata yang diutlis kdang juga suka saalh. Orang yang menderita disleksia biasanya kelak menjadi orang besar.
    (^_^)

    Komentar oleh Jems — Maret 18, 2008 @ 4:45 am | Balas

  3. tulisan one saya ucapkan “wan”, two sy ucapkan “tu”….ternyata sy disleksia😆

    Komentar oleh Rezki — Maret 18, 2008 @ 11:20 pm | Balas

  4. hehehehe, menarik

    Komentar oleh nexlaip — Maret 19, 2008 @ 9:50 am | Balas

  5. lucu juga, temenku juga ada yang dislek….
    yang paling kuinget pas dia bilang…..tom hank buat nunjukin game tony hawk pro sketer..!!

    Komentar oleh jenderal — Maret 19, 2008 @ 11:51 pm | Balas

  6. Hm..mungkin saya salah satu penderita penyakit ini juga

    Komentar oleh tony — Maret 20, 2008 @ 10:56 am | Balas

  7. Woh… disleksia toh namanya? Ane funya temen yang juga -kayaknya- disleksia. Dia kalo ditanya kerja di mana, jawabnya… Saya olapator di radio. Maksudnya operator di radio…:mrgreen:

    Komentar oleh Cabe Rawit — Maret 22, 2008 @ 12:59 am | Balas

  8. Aduh buleekk… Lain kali kalo mau beli beli, ajak aja Sef. hehehehehe…

    Komentar oleh maruria — Maret 22, 2008 @ 10:28 am | Balas

  9. ternyata disleksia itu menurun ke keponakannya…gyahahahaha

    Komentar oleh adambahende — Maret 24, 2008 @ 7:33 am | Balas

  10. bedakan disleksia, kuper/udik ama cedal yah…
    hehehehe
    kalo sef itu jelas bukan disleksia.. tapi distiksia..
    artinya salah ngetik… hahaha

    Komentar oleh rwidagdo — Maret 25, 2008 @ 8:33 am | Balas

  11. @adis: tak ada manusia yg sempurna
    @jems: Alhamdulillah, menurutmu ak bakalan jd orang besar gitu, ah jadi tersipu ak.
    @rezki: ternyata orang bule disleksia semua yah…
    @nexlaip: menarik?? ak lg gak menarik gerobag kok…
    @jendral: bilang ke temenmu, kita bisa bikin perkumpulan “disleksia club”
    @tony: sing sabar yo, Pak.
    @cabe rawit: kayaknya anda juga disleksia. tulis punnya, bukan funya.
    @maruria: gak mau ah, asalkan Bulekku mau nraktir aku juga.
    @adambahende: lu udah tau…
    @rwidagdo: distiksia?? jenis penyakit baru yah, perlu dipatenkan tuh, do.

    Komentar oleh sef — Maret 28, 2008 @ 1:10 am | Balas

  12. Iya sef, inyong pengen jadi Hokage.
    Biar g diremehin maning..
    Sekarang arep belajar disit, ben pinter..

    Komentar oleh Jems — April 1, 2008 @ 2:10 pm | Balas

  13. aku baru tahu ternyata aku juga kena penyakit ini. tapi mungkin aku gak sadar kalau aku disleksia, tapi untung orang orang sekitarku gak menganggap aku bodoh, karna mereka tahu aku. cuma bagai mana ya, caranya terapinya ya?

    Komentar oleh d-she — April 25, 2008 @ 5:18 am | Balas

  14. aneh juga ada jenis penyakit seperti ini… kebetulan baru tau dari buku “the lightening thief”, sebenerna aku juga sering buanget ngalamin disleksia… huahaha……

    Komentar oleh ahyoe — April 1, 2009 @ 9:53 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: